Manfaat Tai Chi

Tai Chi adalah sebuah bentuk seni bela diri dan senam kesehatan aliran halus dari negeri China. Tai Chi merupakan sebuah latihan yang menekankan pada gerakan yang tepat, pernapasan dan kesadaran. Menurut Artikel dari National Geographic Indonesia Tai Chi dikenal sebagai seni bela diri yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Gerakan yang perlahan dan berisiko rendah menjadikan Tai Chi sebagai latihan yang ideal bagi orang yang berusia lanjut ataupun mereka yang kesulitan secara fisik.

Seiring berkembangnya jaman, senam Tai Chi kemudian berkembang menjadi bentuk latihan yang digemari, karena memiliki manfaat terhadap kesehatan yang sangat signifikan dan dengan latihan yang tekun dan mendalam, dapat digunakan untuk teknik bela diri.

Tai Chi memberikan manfaat yang signifikan dalam beberapa aspek kebugaran jasmani. Konsep dari Tai Chi yang meningkatkan aliran energi (Qi) diyakini mampu membuka blokir - blokir dan mendorong aliran - aliran energi ke seluruh organ tubuh sehingga mampu meningkatkan kualitas organ tubuh.

1. Manfaat Tai Chi Terhadap Kekuatan Otot
Dalam sebuah penilitian oleh Alternative Therapies in Health and Medicine, Stanford University pada 2006 yang melibatkan 39 wanita dengan rata - rata usia 66 tahun yang memiliki tingkat kebugaran di bawah rata - rata. Orang coba diberikan latihan Tai Chi selama 12 minggu. Hasilnya, orang coba memperlihatkan peningkatan kekuatan pada otot bagian extremitas inferior (anggota gerak bawah) diukur dengan berapa banyak mereka dapat berdiri dari kursi saat mereka duduk dalam waktu 30 detik. Orang coba juga memperlihatkan peningkatan pada otot bagian extremitas superior diukur dengan kemampuan mereka melakukan "Arm Curl".
Pada penelitian yang dilakukan di Jepang dengan alat ukur yang sama, diperoleh hasil bahwa seseorang yang mengikuti program latihan Tai Chi mengalami peningkatan kekuatan otot pada extremitas superior sebesar 25% dan 30% peningkatan kekuatan otot pada extremitas inferior.

2. Manfaat Tai Chi Terhadap Keseimbangan
Menurut beberapa penelitian, Tai Chi dapat membantu seseorang dari Proprioception (menurunnya kemampuan seseorang untuk merasakan posisi tubuh). Tai Chi membantu melatih neuron sensorik pada telinga dan meregangkan bagian reseptor pada otot dan ligament. 

3. Manfaat Tai Chi Terhadap Fleksibilitas
Dikutip oleh http://www.health.harvard.edu, pada penelitian tahun 2006 menghasilkan kesimpulan, bahwa latihan Tai Chi terbukti meningkatkan fleksibilitas pada extremitas superior dan inerior sama halnya dengan kakuatan otot. 

4. Manfaat Lain
Berlatih Tai Chi  membawa lebih banyak darah yang mengandung oksigen mengalir memasuki cerebral cortex (bagian otak yang merupakan pusat - pusat sensor, pusat syaraf motorik, pusat bicara, penciuman,dll) serta ke Medulla Oblongata (bagian otak yang merupakan pusat syaraf otonom), sebagai hasilnya fungsi otak akan terlatih dan terpacu secara terus - menerus melalui latihan Tai Chi.

0 komentar:

Posting Komentar