Latihan Meringankan Osteoarthritis

Osteoarthitis pada panggul merupakan salah satu penyakit degeneratif yang sangat sering terjadi. Tercatat satu dari sepuluh orang usia lanjut menderita penyakit ini. Akibatnya, mobilitas sendi semakin terbatas dan rasa sakit akibat peradangan semakin terasa sehingga menyebabkan keterbatasan gerak dan penurunan fungsi. Sampai artikel ini diterbitkan, belum terdapat obat khusus yang dapat secara signifikan menyembuhkan osteoarthritis. Obat yang diberikan hanya obat anti radang untuk menghindari arthritis semakin bertambah parah.


Penelitian terbaru membuktikan bahwa latihan terprogram yang difokuskan pada peningkatan kekuatan sendi, pengembalian kualitas struktural tubuh, koordinasi dan latihan peningkatan kualitas gerak, menunjukkan progres pada osteoarthritis.
Penelitian dilakukan dengan memberikan latihan olahraga selama 12 minggu dengan satu kelas kelompok satu kali dalam seminggu dan dilanjutkan dengan kelas individu dirumah 2 kali dalam seminggu.
Hasilnya, setelah diberikan terapi pasien merasakan penurunan tanda - tanda osteoarthritis seperti nyeri pada pagi hari, dan merasakan kuaitas gerakan pada sendi meningkat secara signifikan. 


0 komentar:

Posting Komentar