Piriformis Sindrom

Piriformis sindrome adalah sebuah patofisiologi dimana otot piriformis menyebabkan iritasi pada sciatic nerve  atau saraf ischiadicus, sehingga menimbulkan nyeri pada daerah gluteus dan menjalar sepanjang sciatic nerve.

Otot piriformis merupakan otot yang kecil yang berbentuk segitiga yang mejalar melalui SIPS, coccygeal, serta trochanter mayor dan berada di bawah otot gluteus yang fungsinya sebagai eksternal rotasi, abduksi dan membantu rotasi pada hip joint.

Sciatin nerve merupakan saraf ischiadius yang berjalan sangat dekat dengan otot piriformis dan bahkan pada 15-30% dari populasi syaraf ischiadius melalui otot piriformis, sehingga jika otot piriformis mengalami ketegangan maka otot piriformis tersebut akan mengiritasi syaraf ischiadius dan menyebabkan nyeri yang menyebar di bawah kaki.

Faktor - faktor yang menyebabkan piriformis antara lain seringnya menempatkan dompet pada bagian belakang saku atau sering duduk ditempat yang keras sehingga menyebabkan inflamasi pada syaraf ischiadius. selain itu, adanya patologi pada lumbal yang dapat menyebabkan hipomobilitas pada sacroiliaca joint sehingga jaringan lunak yang ada di antara sacroiliaca joint yang menurunkan sirkulasi pada syaraf ischiadius.

pada hip joint dengan deformitas coxavara dan eksternal rotasi hip yang juga termasuk faktor terjadinya pemendekan atau ketegangan otot piriformis yang akan menyebabkan penekanan pada syaraf ischiadius. Semua faktor di atar menyebabkan otot piriformis mengalami permasalahan yakni pemendekan badan otot yang menyebabkan memendeknya jaringan kolagen dan pengurangan jaringan sarkomer otot sehingga akan mengakibatkan vasokontriksi pembuluh darah sehingga nutrisi dan oksigen yang menuju otot berkurang sehingga timbul nyeri pada daerah tersebut.

Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi derita sindrom ini, antara lain dengan menggunakan manual terapi seperti soft tissue massage, contrac relax stretching, atau menggunakan terapi latihan. Beberapa geraka penguluran pada otot, piriformis, hamstring dan otot ekstensor dapat mengurangi rasa sakit pada sindrom ini. Berikut beberapa gerakan stretching yang dapat dilakukan.

Piriformis Stretch
Hasmtring Stretch

0 komentar:

Posting Komentar