Sepak Bola Dapat Menurunkan Tekanan Darah. Benarkah ?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Exerter Denmark yang melibatkan 33 pria dengan rantang usia 33 - 55 tahun yang menderita tekanan darah tinggi dengan level sedang hingga parah, menjelaskan terdapat manfaat yang signifikan dari latihan sepak bola terhadap penyakit tekanan darah tinggi dibanding dengan treatmen normal.
Penelitian dilakukan dengan membagi orang coba ke dalam dua kelompok secara acak.
  • Kelompok I : Diberikan latihan sepak bola selama dua jam dalam satu minggu. 
  • Kelomok II : Diberikan treatmen normal (aktivitas fisik, diet sehar, dan pengkontrolan tekanan darah). 
Menkanisme penilaiannya dengan melakukan pengukuran konsumsi oksigen maksimal orang coba, kadar lemak tubuh, dan tentunya tekanan darah. Penilaian dilakukan setelah tiga bulan treatmen dan dan pada akhir penelitian (bulan ke 6).
Hasilnya, Kelompok I (kelompok yang diberikan treatmen latihan sepak bola) mengalami perubahan menuju arah yang menggembirakan dibanding Kelompok II (kelompok yang hanya diberikan treatmen biasa). Kelompok I mengalami rata - rata penurunan tekanan darah sebesar 10 mmHg, sedangkan Kelompok II hanya mengalami rata - rata penurunan tekanan darah sebesar 5 mmHg.
Selain itu, kelompok I mengalami peningkatan konsumsi oksigen maksimal sebesar 10%, penurunan detak jantung istirahat sekitar 8 detak/menit, dan penurunan kadar lemak tubuh sekitar 2 kg. Sedangkan Kelompok II tidak mengalami peningkatan kualitas kesehatan yang berarti.
Hal tersebut ditegaskan dengan statemen Profesor Peter Krustrup yaitu, "playing football (soccer) reduces blood presure, improves itness and burns fat".

Sumber : http://www.sciencedaily.com

0 komentar:

Posting Komentar